Dimana meletakkan Tangga?

Saat ini, membuat rumah bertingkat sudah lazim karena terbatasnya lahan dan kebutuhan ruang yang semakin banyak. Tentunya, orang akan membuat tangga untuk memudahkan naik dari lantai satu ke lantai berikutnya.

Namun, sudahkah Anda mengetahui tangga yang baik, aman dan nyaman untuk digunakan? Secara Feng Shui, tangga pada sebuah rumah perlu diletakkan dengan cermat sehingga nantinya mendukung kehidupan si pemiliknya tersebut.
Mengapa perlu diaplikasikan dengan cermat? Karena tangga sendiri diyakini oleh ilmu Feng Shui ini tidak membawa keberuntungan dan memancarkan hawa perusak (Sha Qi). Hal ini ditunjukkan oleh sudut tajam dari anak-anak tangga.
Itulah sebabnya, peletakan tangga ini sebaiknya di lokasi yang tersembunyi namun tetap mudah dijangkau oleh pemilik hunian. Bisa ditempatkan di area yang kurang baik sehingga bisa ‘menghancurkan’ hawa negatif dan pengaruh buruk di rumah. Cara mengetahui area buruk ini dengan mendasarkan pada arah bangunan.
1. Sebaiknya hindari membangun tangga didalam ruang tamu. Atau, yang masih terlihat dari ruang tamu. Mengapa? karena diyakini mampu menyingkirkan hawa keberuntungan pemiliknya. Alias, rejeki yang didapat, dengan mudah langsung habis. Ujung-ujungnya, bisa merusak kebahagiaan orang-orang didalam rumah tersebut. Kalau dipikirkan dengan logis, tangga yang berada di ruangan ini, bisa saja mengganggu orang. Misalnya Anda sedang menjamu tamu, tiba-tiba anak atau anggota keluarga bolak balik naik turun tangga. Tentunya mengganggu, bukan?
2. Pilih area yang tidak terlihat oleh orang lain, misalnya luar rumah atau tidak tampak dari ruang tamu. Jika ruangan di rumah Anda terbuka, berilah partisi atau penyekat sederhana yang mampu mengalihkan pandangan ke tangga.
3. Area lain yang juga tidak boleh diaplikasi dengan tangga yakni di tengah bangunan (titik pusat) dan tangga diatas dapur. Dalam ilmu Feng Shui, titik pusat ini membawa kepada pusat keberuntungan si pemilik rumah. Jadi, jika ada tangga didalam titik ini, si pemilik rumah bisa saja mengalami ketidakberuntungan. Apabila telah terjadi, sebaiknya segera pindahkan lokasi tangga ini.
4. Tangga diatas dapur juga perlu dihindari karena berakibat tidak baik pada makanan yang dihasilkan dari dapur tersebut. Ilmu Feng Shui meyakini, makanan ini akan diinjak oleh orang-orang yang naik turun di tangga. Secara logika, tangga diatas dapur ini akan membawa debu dari aktivitas orang yang berlalu lalang. Akibatnya, masakan di dapur akan terkena debu-debu tersebut. Tentunya, kebersihan dan kesehatan orang yang mengonsumsi juga akan terganggu, bukan?
Ari Dwi Astuti/berbagai sumber
Email : aria@propertykita.com 
Foto : doc.net

Sumber : http://www.propertykita.com/read/articles/336/Fengshui/Dimana-meletakkan-Tangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: