Jasa Marga Investasi Rp500 Miliar Garap Properti

JAKARTA: PT Jasa Marga Tbk akan melakukan ekspansi di bidang properti melalui pengembangan kawasan di sekitar jalan tol dengan investasi sekitar Rp500 miliar.

“Kita berniat memperluas bisnis di sektor properti, membangun dan mengelola lahan di kawasan jalan tol,” kata Direktur Keuangan Jasa Marga, Reynaldi Hermansjah, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, hari ini.

Untuk mewujudkan rencananya itu, Jasa Marga akan menggandeng perusahaan lain baik sesama BUMN ataupun perusahaan swasta.

“Kami menilai bisnis properti cukup menarik. Kami bisa bersinergi dengan perusahaan BUMN atau menggandeng swasta,” ujar Reynaldi.

Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito menuturkan pihaknya kini sedang mengkaji beberapa perusahaan yang akan dilibatkan dalam mengembangkan bisnis properti tersebut.

Dia menyebutkan salah satu perusahaan yang disertakan dalam pengembangan kawasan di sekitar jalan tol adalah PT Pembangunan Perumahan Tbk. Meski begitu, Frans tidak merinci lebih lanjut berapa besar pembagian porsi saham kedua perusahaan itu.

Dia hanya menjelaskan selain properti, Jasa Marga juga akan mengembangkan jalur kabel optik di sepanjang jalan tol.

Di bisnis serat optik ini, Jasa Marga memaksimalkan lahan di sekitar jalan tol yang dikelola perusahaan. Untuk merealisasikan rencana tersebut, Jasa Marga akan menggandeng perusahaan jasa telekomunikasi.

“Kami masih melakukan seleksi melalui beauty contest untuk mencari calon mitra di bisnis serat optik,” ujar Frans.

Pada Oktober 2010, Jasa Marga akan menerbitkan obligasi senilai Rp1,5 triliun.

Menurut dia, surat utang diterbitkan itu berjangka waktu 10 tahun senilai Rp1 triliun, dan bertenor 3 tahun senilai Rp500 miliar.

Selain untuk pengembangan bisnis properti, Jasa Marga akan menggunakan dana itu unutk membiayai kembali utang dengan total nilai Rp1 triliun.

Utang yang dilunasi itu meliputi kewajiban obligasi sebesar Rp650 miliar yang jatuh tempo pada akhir 2010, serta pinjaman bank sebesar Rp350 miliar.

Guna membantu penerbitan surat utang itu, Jasa Marga telah menunjuk PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Bahana Securities penjamin emisi.(yn)

[Sumber: http://web.bisnis.com/sektor-riil/properti/1id207643.html ]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: