Bisnis Properti Booming 2014, Menpera Minta Jaminan Lahan

Di tengah persaingan bisnis pro­perti yang makin ketat, Ke­men­terian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mendorong peme­rin­tah daerah agar menjamin ke­tersediaan la­han perumahan khususnya kelas menengah ke bawah. Tanpa jami­nan tersebut, maka masya­rakat akan makin su­lit mendapatkan perumahan.

Hal itu dikemukakan Men­teri Perumahan Rakyat (Menpera) Su­harso Mo­noarfa di acara penyera­han penghargaan Adiupaya Puri­tama di Jakarta, kemarin. Menurut Suharso, para gubernur, bupati, dan walikota  mesti memberi per­hatian kepada rakyat agar menda­patkan fasilitas perumahan.

“Setiap penduduk harus kem­bali ke rumah. Karena rumah me­rupa­kan lambang kesejahteraan dan kemakmuran sebuah bangsa dan daerah. Jadi, tidak mungkin kepala daerah tidak memikirkan itu,” kata politisi PPP ini.

Hanya saja, lanjut Suharso, per­soalan yang mendasar saat ini ada­lah persoalan lahan. Namun, se­lalu ada jalan untuk menye­le­sai­kan permasalahan tersebut. Dia mencontohkan, di Singapura, se­kitar 90 persen la­han dikuasai oleh negara, se­hingga memu­dah­kan pemerintah melakukan pengatu­ran atas perumahan.

“Langkah yang dilakukan Si­ngapura itu bisa dicontoh oleh pemerintah daerah kita. Kepada gubernur, bupati, dan walikota, diharapkan bisa melakukan yang terbaik untuk masyarakat kita. Problem penyediaan tanah yang kita hadapi, saya yakin pasti bisa kita selesaikan,” paparnya.

Pada kesempatan resepsi ulang tahun Menpera itu, penghargaan diberikan kepada Gubernur Sum­sel Alex Noerdin, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wakil Gu­ber­nur Jatim Saifullah Yusuf, Wali­kota Palembang, Walikota Banda Aceh dan Bupati Malang.

Pengamat peru­mahan Pana­ngian Simanungkalit memper­kirakan, tahun ini bisnis peruma­han nasional akan kem­bali bang­kit dan booming hingga 2014. Selain didukung perbaikan pere­konomian, pertumbuhan pa­so­kan dan permintaan hunian di­to­pang oleh penurunan suku bunga pem­biayaan sektor ini.

“Prospek bisnis perumahan akan tetap bagus hingga 2014,” pungkas Panangian.

[Sumber:http://ekbis.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=4625]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: