Dubai Islamic Bank Akuisisi Tamweel

Pemerintah Dubai mengatakan telah memberikan lampu hijau kepada Dubai Islamic Bank untuk mengakuisisi saham mayoritas di Tamweel, salah satu kelompok pembiayaan properti terbesar emirat.

Langkah strategis ini puncak dari upaya intensif selama beberapa bulan lalu untuk menyelesaikan kebuntuan di Tamweel yang akan memungkinkan perusahaan untuk melanjutkan aktivitas utamanya memberikan kredit perumahan dan pembiayaan real estat.

DIB sekarang akan menjadi pemegang saham terbesar di Tamweel dengan 57,33 persen saham, pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu, sebuah tindakan untuk menghidupkan kembali pasar pinjaman properti yang telah menderita terburuk oleh krisis keuangan global.

“Langkah strategis ini adalah puncak dari upaya intensif selama beberapa bulan lalu untuk menyelesaikan kebuntuan di Tamweel yang akan memungkinkan perusahaan untuk melanjutkan aktivitas utamanya memberikan kredit perumahan dan pembiayaan real estat,” kata pernyataan.

“Langkah ini akan memberikan momentum baru ke pasar KPR lokal yang telah memasuki fase pemulihan setelah serangkaian langkah-langkah tegas diambil oleh pemerintah setelah krisis keuangan global,” tambahnya.

Hanya kurang dari dua tahun lalu, pemerintah UEA mulai proses untuk menggabungkan Tamweel dan kelompok pembiayaan properti lain yang berbasis di Dubai, Amlak Finance, bersama-sama memiliki aset membanggakan mendekati tujuh miliar dolar (lima miliar euro).

Proses merger, yang bertujuan menyiapkan lembaga pembiayaan real estat Islam terbesar di UEA, belum selesai, meskipun saham kedua perusahaan tersebut telah disuspensi sejak saat itu.

Tamweel membukukan kerugian sebesar 14,7 juta dolar (11 juta euro) pada 2009 dibandingkan dengan laba bersih sebesar 125,6 juta dolar (93,20 juta euro) tahun sebelumnya. Pada semester pertama tahun ini mencatat keuntungan 2,6 juta dolar (1,9 juta euro).

Sektor properti Dubai telah terpukul sangat keras oleh krisis ekonomi global dengan harga real estat serta sewa jatuh oleh lebih dari separuhnya.

[Sumber:http://properti.kompas.com/index.php/read/2010/09/27/10114213/Dubai.Islamic.Bank.Akuisisi.Tamweel.-12 ]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: