Pertumbuhan Rumah Sulsel 46 Ribu Per Tahun

Pertumbuhan bisnis properti di Indonesia merupakan yang terbaik di seluruh dunia. Sementara itu di Indonesia, Sulsel memiliki pertumbuhan terbaik di kawasan timur Indonesia. Hal itu dijelaskan pakar properti, Panangian Simanungkalit pada seminar properti yang digelar di Hotel Celebes Makassar, Sabtu 25 September.

Seminar tersebut dihadiri sekira 50 peserta dan dihelat Panangian School of Property (PSP), sebuah lembaga pendidikan yang didirikan Panangian Simanungkalit dan diresmikan Akbar Tanjung pada saat menjadi Menteri Perumahan Rakyat 1998.

Pada kesempatan tersebut, Panangian melihat prospek bisnis properti di Sulsel, khususnya Makassar sangat besar. Menurutnya, pertumbuhan rumah di Sulsel mencapai 46 ribu per tahun. Kawasan perkotaan sebut dia sekira 24 ribu unit per tahun sementara di daerah pedesaan sekira 22 ribu unit setiap tahunnya. Dari 24 ribu itu lanjut Panangian, permintaan untuk rumah sederhana dengan harga di bawah Rp 300 juta sebesar 70 persen atau sekira 16.800 unit per tahun. Sisanya, 30 persen atau 7.200 unit di atas Rp 300 juta.

Properti lanjut Panangian diperkirakan akan booming pada 2014, sehingga lanjut pengusaha sukses di bidang properti ini, sekarang waktunya untuk menanamkan investasi. Dia juga memaparkan prospek ekonomi 2010 hingga 2012. Menurutnya, pada 2010 ekonomi nasional tumbuh 5,8 persen dan pada 2012 diperkirakan mencapai 6,7 persen. Inflasi akan merata pada angka 5,5 persen BI Rate pada 2012 akan mencapai 6,75 persen. Dan yang paling menggembirakan sebut dia adalah turunnya suku bunga KPR dari 11 persen pada 2010 menjadi 10 persen pada 2012.

Panangian menambahkan, properti adalah investasi paling aman dibandingkan dengan deposito. Hanya saja kata dia, tentunya tidak boleh sembarangan melangkah dalam bisnis ini, pasalnya diperlukan ilmu dan pengalaman. Untuk itu, dia mengembangkan jaringan PSP ke wilayah Makassar karena melihat prospek Makassar sangat bagus. PSP membuka dua kelas untuk sekolah propertinya, yakni, Certified Property Analyst (CPA) dan Certified Property Developer (CPD).

PSP sudah melahirkan beberapa alumni, bahkan salah seorang alumninya, Elang Gumilang, baru setahun terjun sudah memiliki aset hingga Rp 20 miliar. Elang Gumilang ini, juga salah satu staf pengajar yang akan membagi ilmunya kepada para peserta PSP. Bisnis properti lanjut Panangian tidak akan pernah surut, apalagi dalam tingkat dunia ROI (tingkat laba) properti tertinggi di Indonesia yakni 13,40 persen, Filipina 11,23 persen, Malaysia 8,91 persen, Korea Selatan 8,75 persen, Thailand, 7,64 persen. Untuk negara di Asia, terendah di Singapura sebesar 2,80 persen.

[Sumber:http://news.fajar.co.id/read/105839/45/pertumbuhan-rumah-sulsel-46-ribu-per-tahun]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: