Warga Rusia Pembeli 40 Persen Properti di Cyprus

NIKOSIA, CYPRUS, Sekolah, bank, toko, dan surat kabar Rusia yang banyak di Cyprus menunjukkan fakta bahwa warga Rusia — komunitas asing terbesar kedua di pulau resor itu — makin tertarik menjadikan Cyprus tempat tinggal dan berinvestasi yang nyaman.

Warga Rusia tidak hanya membeli rumah. Mereka membeli tujuan. Cyprus adalah anggota EU, dengan itu ia aman.Cyprus adalah negara beragama Ortodoks, dan secara ekonomi stabil, serta punya pelayanan penerbangan yang baik.

— Michaelides Panayiotis

Hubungan antara dua negara Kristen Ortodoks itu akan semakin erat dengan kunjungan Presiden Rusia Dimitri Medvedev ke Cyprus pada Kamis, lawatan pertama kepala negara Rusia, yang akan menandatangani 15 perjanjian bilateral kedua negara.

Sektor yang paling menari saat ini seperti perbankan, energi, jasa keuangan, dan properti, “Rusia merupakan negara yang sangat penting bagi perekonomian Cyprus,” kata Phidias Pilides, ketua Badan Promosi Investasi Cyprus.

Angka resmi menunjukkan investasi Rusia di Cyprus selama lima tahun terakhir berjumlah 52,18 miliar dolar AS (37,54 miliar euro) sementara investasi Rusia di Siprus mencapai 15,96 miliar dolar AS (12,37 miliar euro).  “Persamaan budaya dan hubungan politik antara Moskow dan Nikosia, sistem fiskal dan besaran pajak yang sangat rendah di Cyprus menarik investor berbondong-bondong datang ke Cyprus. Mereka mendirikan perusahaan minyak lepas pantai dan memasukkan uang mereka ke Rusia lewat Cyprus,” kata ekonom Simeon Matsi.

Sejak Cyprus bergabung dengan Uni Eropa pada 2004, Cyprus bukanlah surga pajak bagi beberapa negara pecahan Uni Soviet.  Persetujuan pajak adalah salah satu perjanjian kunci yang akan ditandatangai saat kunjungan Medvedev. Namun Matsi mengatakan perubahan tidak akan mengurangi keinginan investor Rusia.

“Cyprus harus meningkatkan pajaknya. Tapi hanya sebesar 10 persen…Ini masih sangat menarik, dan bagi Rusia hal tersebut berguna dengan memiliki hubungan dengan negara anggota Uni Eropa,” katanya, dan memperkirakan bahwa 20 persen dari uang yang didepositokan di bank sentral berasal dari warga Rusia.

Mantan pejabat bank Cyprus yang meminta namanya dirahasiakan mengatakan rezim pajak yang longgar telah memungkinkan warga Rusia menggunakan negara pulau itu sebagai pusat penghindaran pajak.

“Tapi implementasi regulasi Eropa yang ketat membantu untuk memperjelas situasi, guna mengetahui siapa yang berada di balik uang yang didepositokan tersebut, bahkan walau beberapa bank bertindak lebih longgar dibanding bank lain,” katanya.

Saat ini kesempatan ekonomi, lokasi geografis, serta kualitas hidup yang menarik terus mendorong warga Rusia untuk tinggal di pulau Mediterania ini dan berinvestasi dalam jumlah besar pada sektor perumahan.

“Saat ini, 40 persen pembeli di sektor properti berasal dari Rusia, 40 persen warga Cyprus, dan 20 persen warga Inggris,” kata agen perumahan Peter Christofi dari Antonis Loizou and Associates.

“Warga Rusia tidak hanya membeli rumah. Mereka membeli tujuan. Cyprus adalah anggota EU, dengan itu ia aman.Cyprus adalah negara beragama Ortodoks, dan secara ekonomi stabil, serta punya pelayanan penerbangan yang baik,” kata Michaelides Panayiotis, pengembang perumahan Aristo.

Warga Rusia juga adalah sumber yang menguntungkan untuk mendapat pemasukan dari industri pariwisata Cyprus, juga menjadi pasar kedua terbesar setelah Inggris, dan diperkirakan memiliki potensi pertumbuhan yang pesat.

[Sumber:http://properti.kompas.com/index.php/read/2010/10/07/18143388/Warga.Rusia.Pembeli.40.Persen.Properti.di.Cyprus.-12]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: