REI Sulsel Dukung Kebijakan FLPP

MAKASSAR – DPD Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Selatan mendukung kebijakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang diperkenalkan Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Manoarfa langsung di Makassar.

Subsidi suku bunga yang diberikan kepada masyarakat berlaku selama masa angsuran cukup memudahkan masyarakat untuk membeli rumah. Ini sangat membantu pemasaran pengembang

Sekretaris DPD REI Sulsel, Raymond Arfandi saat mendampingi kunjungan Menpera, Suharso Manoarfa di Makassar, Rabu, mengaku sangat mendukung program pembiayaan perumahan tersebut, sebab kebijakan itu mampu mendorong kemampuan perumahan masyarakat di daerah.

“Subsidi suku bunga yang diberikan kepada masyarakat berlaku selama masa angsuran cukup memudahkan masyarakat untuk membeli rumah. Ini sangat membantu pemasaran pengembang,” kata dia.

Dikatakannya, suku bunga KPR (kredit kepemilikan rumah) yang dibebankan perbankan hanya sebesar 8,5 persen jika mengakses pembiayaan itu. “Ini jauh lebih rendah dari suku bunga KPR di sejumlah perbankan di Sulsel yang rata-rata diatas 10 persen,” ucap dia.

Terkait pembangunan perumahan di Sulsel, Raymond mengaku, REI Sulsel baru membangun sebanyak 7000 unit hingga Oktober 2010 dari target pembangunan sebanyak 10 ribu unit rumah tahun ini.  “Keterbatasan daya listrik dan regulasi yang menjadi kendala pengembang menyelesaikan target pembangunan perumahan tahun ini,” katanya.

Menpera Suharso Monoarfa dalam kunjungannya di Makassar mengaku, masyarakat yang dapat mengakses program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ini harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan diantaranya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Pemberitahuan (SPt) Pajak Tahunan, dan memiliki penghasilan antara Rp2,5 – Rp4,5 juta sebulan.

Pemerintah sejauh ini telah menerbitkan Keputusan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 14 dan Nomor 15 tahun 2010 yang berisi tentang pengadaan perumahan melalui kredit pemilikan rumah sejahtera dengan dukungan FLPP dan pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) yang bertugas mengelola dana likuiditas pembiayaan perumahan tersebut.

Data Kementerian Perumahan Rakyat mencatat saat ini terdapat 3.500 KPR lebih yang telah diterbitkan perbankan dengan memanfaatkan program FLPP.

Hal sama disampaikan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Numang yang melalui program FLPP ini kemampuan masyarakat untuk membeli perumahan dapat meningkat khususnya di daerah perkotaan di Sulsel yang sekitar 90 persen penghasilan masyarakatnya kurang dari Rp5 juta sebulan.

[Sumber:http://properti.kompas.com/index.php/read/2010/11/25/1649181/REI.Sulsel.Dukung.Kebijakan.FLPP-12]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: