Bukopin Mulai Lirik KPR

Gairah sektor properti tanah air mendorong industri perbankan semakin gencar untuk menyalurkan kredit perumahan rakyat (KPR). Bank yang sebelumnya tidak memiliki fasilitas tersebut mulai mencoba untuk ikut bersaing. Salah satunya PT Bank Bukopin Tbk.

Heri Purwanto, Pemimpin Cabang Bank Bukopin Surabaya, mengatakan bahwa pihaknya memang masih minim memberikan kredit konsumer. Bahkan, suku bunga yang diberikan pun lebih tinggi dibanding kompetitor lainnya. “Sebab, kami fokus untuk kredit produktif yang bertujuan menggerakkan sektor riil,” katanya usai menyerahkan hadiah kepada pemenang BMW 320i ke-52 di Graha Bukopin, kemarin (1/11).

Tapi, tambahnya, melihat kondisi properti yang menggeliat dan permintaan tinggi, Bukopin siap-siap melakukan ekspansi di sektor KPR “Tahun depan, cabang Surabaya bakal menggandeng sekitar enam hingga 10 developer. Dengan program ini, ada suku bunga khusus yang diberikan nasabah,” tuturnya.

Hingga akhir November, lending Bukopin Surabaya mencapai Rp 750 miliar. Jumlah itu masih 90 persen dari target akhir tahun nanti, namun, tumbuh sekitar Rp 200 miliar dibanding posisi akhir tahun lalu. “Dari total penyaluran kredit itu, 90 persen adalah kredit produktif. Sisanya kredit konsumer, termasuk KPR,” terangnya.

Heri mengatakan, mayoritas kredit dikucurkan untuk agrobisnis, meski  sektor tersebut rentan dengan cuaca saat ini. “Kami tidak hanya memberikan petani saja, tapi secara integrated mulai hulu hingga hilir,” paparnya.

Untuk kredit produktif, Bukopin juga mulai menyasar sektor mikro. Saat ini, penyaluran lending di kelompok itu masih Rp 50 miliar. “Pada 2011, kami menambah outlet direct loan hingga dua kali dari tahun ini yang masih tujuh unit. Outlet ini menyasar pedagang-pedagang pasar,” ujarnya.

Sementara itu, DPK (dana pihak ketiga) tercatat Rp 1,3  dengan komposisi 40 persen tabungan, 35 persen giro, dan sisanya deposito. “Tahun depan, kami memproyeksikan pertumbuhan lending dan funding bisa berkisar 20 sampai 30 persen,” pungkasnya.

[Sumber:http://www.jpnn.com/read/2010/12/02/78650/Bukopin-Mulai-Lirik-KPR-]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: