Pembangunan Konstruksi Tol Ciawi-Sukabumi Mulai Mei 2011

Pembangunan kontruksi seksi I jalan tol Ciawi-Sukabumi bakal dimulai bulan Mei 2011. “Pasalnya, seluruh pembebasan tanah seksi I Ciawi-Cicurug bakal selesai bulan Maret 2011,” ujar Hiramsyah S. Thaib, Direktur Utama PT Bakrieland Development Tbk kepada KONTAN, Sabtu (11/12) lalu.

Menurut Hiramsyah, pembebasan tanah untuk seksi I berjalan lancar sehingga pembangunan konstruksi tol bisa berjalan sebelum pertengahan tahun 2011. Sampai saat ini pembebasan tanah untuk ruas tol sepanjang 14,5 kilometer (km) sudah lebih dari 30 persen. Sebelumnya, Hiramsyah mengatakan sampai pertengahan 2010 lalu pembebasan tanah mencapai 10 persen.

Salah satu cepatnya pembebasan tanah di seksi adalah kepemilikan tanah yang seluruhnya dimiliki masyarakat. Sebelumnya, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT Jasa Sarana, Harya Mitra Hidayat mengatakan, untuk seksi I tidak ada tanah milik PT Perkebunan Nusantara maupun Kehutanan yang dilewati. Alhasil, tidak ada kendala dalam pelaksanaan pembebasan tanah.

Sekadar informasi, tanah yang harus dibebaskan untuk seksi I Ciawi-Cicurug mencapai 165 hektare (ha). Alokasi anggaran untuk pembebasan tanah seksi I itu mencapai Rp 400 miliar. “Pembebasan tanah masih dilakukan PT Jasa Sarana, BUMD Provinsi Jawa Barat,” imbuh Hiramsyah.

Jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan proyek PT Trans Jabar Toll Road. PT Bakrie Toll Road menguasai 60% persen saham PT Trans Jabar Toll Road, PT Jasa Sarana sebesar 25 persen saham dan Grup Bukaka 15 persen saham.

Setelah pembebasan tanah selesai pada bulan Maret, lanjut Hiramsyah, persiapan pembangunan konstruksi langsung dilaksanakan. Pembangunan kontruksi yang diperkirakan menelan biaya Rp 1,9 triliun itu diperkirakan bakal selesai selama 18 bulan hingga 24 bulan. “Targetnya, ruas tol Ciawi-Cicurug sudah beroperasi pada 2014,” kata Hiramsyah.

Setelah seksi I selesai, proyek tol Ciawi-Sukabumi akan berlanjut ke seksi II, yakni Cicurug-Cibadak sepanjang 11,9 km, Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km, dan Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,4 km.

[Sumber:http://properti.kompas.com/index.php/read/2010/12/12/17234658/Pembangunan.Konstruksi.Tol.Ciawi-Sukabumi.Mulai.Mei.2011-12]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: