Intiland Bangun Graha Natura yang Inovatif dan Green Property

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk menyiapkan Graha Natura, sebuah proyek perumahan baru di Surabaya. Graha Natura disiapkan sebagai perumahan dengan konsep yang benar-benar baru dan produk inovasi yang bakal menjadi tren sebuah kawasan perumahan di masa depan.

Saya optimistis Graha Natura akan menjadi salah satu barometer perumahan modern yang mengutamakan aspek kesehatan, teknologi, dan natural. Proyek ini memiliki skala pengembangan cukup luas dan terpadu serta diperkirakan akan selesai dalam lima tahun ke de

Proyek perumahan yang lokasinya berada di kawasan Surabaya Barat ini merupakan pemukiman terpadu yang memiliki potensi pengembangan seluas 100 hektar. Peluncurkan Graha Natura ini menyusul kesuksesan perseroan dalam mengembangkan Graha Famili sebagai barometer kawasan perumahan ideal di Surabaya.

Sinarto Darmawan, Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland sangat optimistis Graha Natura akan menjadi salah satu barometer perumahan modern yang mengutamakan aspek kesehatan, teknologi, dan natural. Proyek ini memiliki skala pengembangan cukup luas dan terpadu serta diperkirakan akan selesai dalam lima tahun ke depan.

“Kami telah melakukan investasi awal untuk pembebasan lahan dan pembangunan sarana infrastruktur kawasan. Kami yakin Graha Natura akan menjadi salah satu perumahan paling favorit bagi masyarakat Surabaya yang menginginkan hunian yang modern dan asri serta menjadi sarana investasi yang menguntungkan,” kata Sinarto.

Menurutnya, Graha Natura dirancang untuk membidik segmen pasar menengah ke atas. Untuk pengembangan tahap pertama, perseroan telah menyediakan lahan seluas 32 hektar yang akan dikembangkan untuk 492 kavling rumah tinggal yang terbagi ke delam empat kluster yang akan diluncurkan pada awal tahun 2011. “Kami telah memulai pembangunan infrastruktur dan 16 unit rumah contoh karya arsitek ternama Indonesia, antara lain seperti Simonata dan Budhi Harmunanto,” ujarnya.

Rencana induk atau masterplan pengembangan Graha Natura dikerjakan oleh firma arsitek terkemuka Peddle Thorp Indonesia. Sementara untuk desain arsitektural landscape dipercayakan kepada Karl Prinsic, sebuah firma arsitektur yang banyak mengerjakan desain landscape hotel-hotel di Bali.

Sebagai perumahan baru di Surabaya, menurutnya, Graha Natura menawarkan konsep dan nilai lebih sebuah kawasan hunian yang ideal dan sesuai kebutuhan masyarakat modern. Perumahan ini menawarkan konsep inovasi baik dari sisi desain arsitektural, pengembangkan kawasan, infrastruktur dan teknologi.

Desain arsitektural dari rumah-rumah di Graha Natura bertujuan pada pencapaian aspek kenyamanan, kemudahan, dan harmonisasi keluarga sebagai prioritas utama. Ruangan-ruangan utama sengaja ditempatkan di lantai dasar bertujuan agar kebersamaan dan komunikasi antaranggota keluarga.

Menurut Sinarto kebutuhan dan pemahaman masyarakat mengenai konsep luxury atau kemewahan sebuah rumah tinggal terus mengalami berubah. Dulu yang diartikan luxury adalah sebuah rumah besar dan megah yang dilengkapi dengan pilar-pilar tinggi. Kemudian konsep tersebut berubah bahwa yang dianggap luxury adalah rumah dengan konsep green dengan lingkungan asri yang dipenuhi pohon-pohonan.

“Kami melihat konsep luxury atau kemewahan rumah tinggal akan bergeser ke fokus pada aspek kesehatan dan teknologi. Konsep rumah dan lingkungan sehat akan menjadi tren baru yang di dalamnya mencakup aspek alami dan asri serta penerapan teknologi tepat guna. Kami akanmenerapkan inovasi dan konsep rumah sehat sebagai keunggulan utama di Graha Natura,” ujarnya lebih lanjut.

Konsep tersebut diterjemahkan antara lain dengan merancang sistem infrastruktur limbah rumah tangga (septic tank) yang terpadu untuk semua kawasan. Infrastruktur septic tank tidak ditempatkan di masing-masing rumah, namun disalurkan ke pusat pengolahan untuk diproses lebih lanjut.

“Penempatan septic tank yang ditanam di area rumah sangat rawan dan tidak baik bagi kesehatan karena ada resiko kebocoran yang bisa menyebabkan bakteri berkembang di mana-mana. Di Graha Natura infrastruktur septic tank dan seluruh limbah cair disalurkan ke pusat pengolahan terpadu, sehingga aman bagi lingkungan dan memenuhi aspek kesehatan bagi para penghuninya,” tutur Sinarto.

Untuk pembangunan infrastruktur pengolahan limbah terpadu di Graha Natura ini Intiland bekerja sama dengan Meinhardt asal Australia. Meinhardt merupakan perusahaan konsultan ahli infrastruktur untuk pengolahan limbah septic tank, jaringan serat optik, dan daur ulang air secara terpadu.

Selain memiliki keunggulan dari aspek kesehatan, proyek Graha Natura juga memiliki keunggulan dari sisi penerapan teknologi. Di proyek ini dibangun jaringan fiber optic terpadu yang difungsikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan teknologi dan komunikasi bagi para penghuninya.

“Penggunaan jaringan fiber optic di seluruh kawasan akan sangat membantu para penghuni Graha Natura menikmati berbagai fasilitas teknologi maupun komunikasi secara efisien. Contohnya mereka bisa melakukan model-model komunikasi berbasis teknologi tinggi sepertiteleconference, Voice over Internet Protocol, jaringan internet berkecepatan tinggi, maupun untuk keperluan pengawasan lingkungan rumah secara terpadu berbasis closed-circuit television (CCTV) dengan kualitas gambar yang sangat bagus,” lanjutnya.

Intiland adalah pengembang properti terkemuka di Indonesia dengan pengalaman hampir 40 tahun. Mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia sejak 1992, Intiland dikenal sebagai inovator dan penggagas trend di industri properti Indonesia. Dalam beberapa tahun, Intiland mengembangkan banyak gedung yang menjadi ikon nasional, melalui Intiland Tower dua gedung kebanggaan di Jakarta

dan Surabaya yang dirancang oleh Paul Rudolph dan The Regatta, kondominium tepi pantai yang mewah di Pluit, Jakarta Utara yang dirancang oleh Tom Wright (perancang Burj Al Arab).

Pengembangan kawasan pemukiman utama di Surabaya, Graha Famili telah menjadi salah satu kawasan perumahan paling prestisius. Saat ini, Intiland memiliki portofolio produk properti beragam, termasuk kawasan pemukiman, gedung perkantoran, apartemen, pengelolaan gedung, kawasan industry, serta pengelolaan sarana olah raga dan golf. Intiland telah menjadi pengembang properti dengan konsep gaya hidup yang terkemuka.

[Sumber:http://properti.kompas.com/index.php/read/2010/12/14/13123865/Intiland.Bangun.Graha.Natura.yang.Inovatif.dan.Green.Property-12]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: