Bakrie Toll Siapkan Rp1 Triliun Bikin 2 Jalan Tol

JAKARTA: PT Bakrie Toll Road menyiapkan dana Rp1 triliun pada 2011 untuk biaya konstruksi dan pembebasan lahan jalan tol Ciawi – Sukabumi dan ruas tol Pejagan – Pemalang.

Hiramsyah S. Thaib, Presiden Komisaris Bakrie Toll Road, mengatakan konstruksi jalan tol Ciawi-Sukabumi bisa mulai dikerjakan pada semester II/2011 karena sebagian kebutuhan lahan sudah tersedia. Sisanya, pembebasan lahan akan dikebut begitu pemerintah mengesahkan rancangan undang-undang pengadaan lahan untuk infrastruktur.

“Sumber pendanaan ada tiga, dari kas internal, keuntungan, dan perbankan. Kami sudah mengantongi komitmen kredit dari bank untuk tol Ciawi-Sukabumi,” ujar Hiramsyah saat diskusi mengenai prospek infrastruktur dan properti, hari ini.

Bakrie Toll Road merupakan unit usaha dari PT Bakrieland Development Tbk yang fokus menggarap proyek jalan tol. Selain dua ruas tol tadi, Bakrie Toll Road juga sudah mengoperasikan ruas Kanci-Pejagan.

Dia mengatakan pada 2011, Bakrie Toll Road akan fokus menggarap dua ruas jalan tol itu. Sesuai jadwal yang ditetapkan dalam perjanjian pengusahaan jalan tol, kata dia, ruas tol Pejagan – Pemalang ditargetkan rampung pada 2013. Namun, dia optimistis bisa merampungkan proyek jalan bebas hambatan sepanjang 53 km itu pada akhir 2012.

“Kami sudah punya pengalaman saat membangun jalan tol Kanci – Pejagan yang selesai sebelum jadwal yang ditetapkan. Pengalaman ini akan diterapkan pada ruas tol berikutnya,” jelasnya.

Hiramsyah mengatakan keberadaan jalan tol Pejagan – Pemalang bersama ruas lainnya di jalur trans-Jawa akan menekan tingkat inflasi. Kehadiran jalan tol trans-Jawa tersebut akan mempercepat distribusi barang dan jasa di wilayah pantura yang selama ini masih sering mengalami hambatan, terutama jika terjadi hujan atau kemacetan.

Adapun pengembangan proyek jalan tol Ciawi – Sukabumi sepanjang 54 km akan disesuaikan dengan peraturan daerah aturan rencana tata ruang wilayah Jawa Barat yang akan disahkan dalam waktu dekat. Pengembangan ruas tol ini memang akan memacu pertumbuhan pembangunan ke wilayah selatan Jabar.

Namun, pembangunan industri di selatan Jabar harus disesuaikan dengan karakteristik lingkungan di sana. Arah pengembangan kawasan di selatan Jabar itu akan menunggu perda tata ruang agar pembangunannya terkontrol.

Dia mengatakan selain membangun jalan tol, Bakrieland Development juga akan mengembangkan kawasan di sekitar jalan dengan berbagai proyek yang mampu melibatkan masyarakat sekitar.

“Nanti akan disesuaikan dengan aturan tata ruang yang akan disahkan tahun depan. Posisi Bandung dan Ciawi seperti apa, akan kami sesuaikan,” jelasnya.

[Sumber:http://www.bisnis.com/index.php/infrastruktur/properti/2747-bakrie-toll-road-siapkan-rp1-triliun-bangun-2-jalan-tol]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: