Jasa Marga Rambah Bisnis Properti

Jakarta – Tidak hanya bergerak dalam bidang pengembangan jalan tol di Indonesia, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) bakal merambah bisnis properti pada tahun depan. Bisnis tersebut akan dikembangkan di daerah-daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Untuk mengembangkan bisnis tersebut, Direktur Utama PT Jasa Marga Frans Setiyaki Sunito mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pengembang. Dalam pengembangan properti tersebut, ia tidak ingin menjelaskan lebih detail. Namun dia membocorkan akan ada tiga lokasi properti sekitar jalan tol yang berpotensi untuk dibangun. “Kami belum bisa menyebutkan secara detail rencana ini. Karena usaha properti sensitif apalagi terhadap persiapan lahan,” kata Frans dalam jumpa pers akhir tahun di kantornya, Kamis (30/12).

Selain properti, kata Frans, Jasa Marga juga mengembangkan beberapa usaha lain yang telah dirintis sejak tahun ini seperti teknologi informasi.  Jasa Marga akan memanfaatkan koridor jalan tol untuk menyalurkan jaringan informasi yang rencananya akan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. “Kami sedang menyusun rencana bisnisnya. Kemungkinan kami akan membentuk anak perusahaan baru bersama PT Telkom,” jelasnya.

Frans juga menuturkan, Jasa Marga telah mengambil alih perusahaan pemeliharaan jalan tol yang sebelumnya dikelola oleh Dana Pensiun Jasa Marga. Pengambilalihan ini dilakukan agar perusahaan dapat mengendalikan pemeliharaan jalan tol lebih baik, sehingga dapat memberikan layanan langsung. “Bisnis inti kami pengembang dan operator jalan tol. Ini hanya usaha lain, jadi bukan beralih usaha,” katanya.

Selain itu pihaknya juga bakal mengembangkan tempat istirahat dan pelayanan (TIP). Dia mencontohkan seperti di tol Palimanan-Kanci. Pihaknya mengelola sendiri tempat istirahat dan SPBU di sana.

Di kilometer tersebut, tersedia lahan sekitar 40 hektare yang akan dikembangkan sebagai tempat istirahat. “Nantinya akan dibuat di dua sisi yang berseberangan. Tempat istirahat itu pun akan menjadi tempat rekreasi yang tematik. Saat ini desainnya sedang dibahas,” ujarnya.

[Sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/12/30/brk,20101230-302781,id.html]

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya 🙂

Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: